BlackBerry Z10, salah satu perangkat pertama yang menggunakan platform
BlackBerry 10, akan mulai memasuki pasaran Indonesia pada 15 Maret
mendatang. Bagaimanakah sepak terjang harapan terakhir BlackBerry ini di Indonesia nantinya?
Firma
riset IDC memperkirakan, BlackBerry 10 akan disambut oleh kalangan
"fanboy" BlackBerry, artinya mereka yang memang setia menanti kedatangan
produk yang peluncurannya sempat tertunda beberapa kali ini.
"Dengan
harga peluncuran mendekai 700 dollar AS, jelas bahwa BlackBerry
menyasar segmen pasang yang lebih 'matang' dan para loyalis," tulis
Associate Director and Head of Operations IDC Indonesia Sudev Bangah
dalam keterangan pers yang diterima Kompas Tekno.
IDC menilai,
selama beberapa tahun BlackBerry berhasil meraih sukses di pasaran Tanah
Air karena menghadirkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat
Indonesia.
Walaupun begitu, karena belakangan lanskap
smartphone telah berubah drastis, Sudev mengatakan bahwa kiprah
BlackBerry 10 saat ini akan terbatas hanya pada kalangan yang disebutnya
sebagai "loyalis", yaitu mereka yang sudah menunggu-nunggu kedatangan
perangkat tersebut ketika akhirnya memasuki pasaran nanti.
"BlackBerry cukup berhasil membikin kehebohan saat peluncuran (BlackBerry 10), tapi yang paling penting adalah mem-follow up
momentum di pasaran, yang telah berubah secara dramatis selama setahun
terakhir menjadi lebih didorong oleh aplikasi," papar IDC
Angka
permintaan terhadap produk smartphone menunjukkan kecenderungan nauk.
IDC memperkirakan 14 persen dari 60 juta perangkat mobile yang akan
dikapalkan ke Indonesia pada 2013 terdiri dari smartphone.
Di
sisi lain, menurut IDC, setahun belakangan BlackBerry lebih banyak
"diam" di pasaran Indonesia. "Sementara para pesaingnya menyebar dan
meningkatkan awareness terhadap produk-produknya di negara haus
informasi yang terus tumbuh ini."
Sumber Kompas.com
Rabu, 06 Maret 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar