Selasa, 05 Maret 2013

Bagaimana Mengendalikan Gadget Karyawan?

Salah satu masalah yang dihadapi perusahaan saat ini adalah perangkat beragamnya perangkat yang digunakan karyawan.

Kebanyakan kantor, terutama di Indonesia, membolehkan karyawannya menggunakan gadget mereka sendiri untuk kebutuhan pekerjaan. Ini termasuk email, messaging (seperti BlackBerry Messenger) hingga terhubung ke jaringan kantor.

Menurut laporan Citrix Workplace of The Future, 79 persen organisasi di Asia Pasifik akan mengadopsi gaya kerja mobile bagi karyawannya.

Mark Micallef, Area Vice President, ASEAN, Citrix, mengatakan Indonesia adalah salah satu wilayah yang akan merasakan dampak besar. Penjualan smartphone di Indonesia, ujar Mark mengutip laporan Ericsson Consumer Lab, akan meningkat tiga kali lipat pada 2013.

"Perusahaan harus mencari solusi yang memenuhi kebutuhan karyawannya, tapi juga menjaga keamanan dari sisi TI dan persyaratan manajemen," ujarnya dalam wawancara via email dengan KompasTekno.

Citrix pun memperkenalkan solusi yang diberi label XenMobile. Solusi Mobile Device Management (MDM) ini dianggap bisa membiarkan pengguna memilih gadget sendiri, namun tetap terkendali.

Mark mencontohkan, XenMobile MDM bisa membuat daftar hitam maupun daftar putih untuk aplikasi, mendeteksi dan melindungi adanya perangkat "jailbreak", hingga melakukan penghapusan perangkat yang hilang atau dicuri.

Nah, apakah dengan demikian perangkat milik karyawan jadi seakan-akan dimiliki oleh perusahaan?

Menurut Mark, salah satu hal penting yang bisa dilakukan perusahaan adalah membedakan antara perangkat milik karyawan dan perangkat milik perusahaan yang digunakan karyawan.

Hal ini, ujarnya, memungkinkan perlakuan yang berbeda pada dua jenis perangkat tersebut. Misalnya, untuk perangkat milik perusahaan, saat sudah tidak aktif bisa dihapus sepenuhnya.

Menurut Mark, XenMobile bisa diterapkan di lokasi atau berbasis awan. Hal ini tergantung dari kebutuhan dan sumber daya perusahaan.

Jika penerapannya berbasis awan, Mark mengatakan waktu set-up bisa lebih cepat dan update produk akan lebih segera. Perusahaan pun tak butuh tambahan orang untuk penerapan dan manajemen perangkat.

Dari sisi keamanan, dengan menerapkan XenMobile, perusahaan bisa melakukan pelacakan lokasi perangkat, penguncian jarak jauh hingga penghapusan data.
Sumber Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar