Senin, 25 Maret 2013

Ibu Negara China Memukau

Ibu Negara China Peng Liyuan berpenampilan elegan. Dia kini tampil sebagai seorang diplomat China dengan cara menyenangkan para warga. Dia mengambil sikap yang amat berbeda dari para ibu negara sebelumnya.
Peng ditampilkan di berbagai media China saat mendampingi suaminya, Presiden Xi Jinping, yang baru saja mengunjungi Rusia dan melanjutkan kunjungan ke beberapa negara Afrika. Pasangan ini tiba di Tanzania pada Minggu (24/3/2013). Peng dengan senang hati menyaksikan tarian yang disuguhkan untuk menyambut mereka. Selanjutnya, pasangan ini akan singgah di Afrika Selatan dan Kongo.
Ibu Negara ini menampilkan citra lain, yang intinya menunjukkan citra bersahabat pada warga dunia. Ini sedikitnya mengubah citra China yang selama ini terkesan kaku. Dalam beberapa tahun terakhir, para istri pejabat China selalu bersembunyi dan sama sekali tidak dikenal publik.
Ibu Negara China pendahulu Peng, yakni istri Mao Zedong, Jiang Qing, sebelumnya menampilkan citra negatif dan berakhir di penjara. Jeng terkenal dengan pengaruh kuat terhadap politik yang merugikan negara.
Profesi Peng sebagai seorang mantan penyanyi dan pekerja di televisi turut membuat Peng tampil rileks dan menyenangkan. "Ini akan membantu peran suaminya untuk mengonsolidasikan kekuasaan," kata Steve Tsang, Direktur China Policy Institute dari University of Nottingham (Inggris).
"Peran Ibu Negara mencoba menciptakan citra China yang lembut," kata Wang Fan, Ketua Institute of International Relations dari China Foreign Affairs University.

kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar