Kamis, 28 Februari 2013

Samsung Wallet, Dompet Elektronik di Android

Samsung telah memperkenalkan sistem aplikasi pembayarannya yang diberi nama Samsung Wallet. Aplikasi ini telah diperkenalkan Samsung pada pertemuan Mobile World Congress, 27 Februari 2013. Samsung Wallet ini serupa dengan Passbook milik Apple, atau Google Wallet.
Aplikasi Samsung Wallet ini dirancang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam bentuk data, seperti tiket, boarding pass, kartu keanggotaan, atau kupon-kupon.
Fasilitas lain yang juga serupa dengan Passbook adalah kemampuan memberikan notifikasi berbasis pada lokasi dan waktu untuk mengingatkan pemakaian tiket, kartu, atau kupon yang telah tersimpan pada Samsung Wallet.
Samsung juga telah menyediakan antarmuka aplikasi (API) yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk dapat menggunakan layanan Samsung Wallet dari aplikasi mereka. Setiap aplikasi yang ingin menggunakan layanan Samsung Wallet harus mendapat persetujuan dari Samsung.
Sampai saat ini, Samsung Wallet hanya menyediakan fasilitas barcode yang dapat dipindai di mesin terminal pembayaran. Dengan kata lain Samsung Wallet belum dapat menggunakan “sentuhan” NFC (Near Field Communication), walaupun Samsung telah bekerjasama dengan VISA untuk menyertakan NFC pada jajaran produk telepon pintarnya agar dapat digunakan pada dengan layanan PayWave milik VISA.
Saat ini, Samsung Wallet masih tersedia dalam bentuk versi Developer Preview agar para pengembang dapat mengunduh Samsung Wallet SDK dan dokumentasi API. Diharapkan dengan disediakannya SDK saat ini, pada waktu release akhirnya nanti sudah akan tersedia di Google Play beberapa aplikasi yang telah memanfaatkan Samsung Wallet.
Samsung sendiri menyatakan telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti Booking.com, Hotels.com, dan Luftansa. Samsung dikabarkan sudah akan menanamkan aplikasi Samsung Wallet ini pada Samsung Galaxy IV yang akan diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2013 akan datang.
Di sisi lain, pada 27 Februari 2013 kemarin BlackBerry telah menyatakan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Bank Permata Indonesia untuk menjalankan layanan BBM Money pada telepon pintar BlackBerry. Dengan layanan ini, antarpemakai BlackBerry dapat saling mengirimkan uang menggunakan BlackBerry Messenger (BBM) di Indonesia.
Sumber Infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar