Rabu, 27 Februari 2013

Review My LockBox

Beberapa orang memiliki alasan untuk menyembunyikan data miliknya di komputer. Fasilitas Hide folder pada Windows masih tergolong gampang terdeteksi oleh pengguna yang paham. Maka, satu-satunya cara paling aman untuk menyembunyikannya yaitu menggunakan aplikasi tambahan.  
Salah satu yang bisa Anda coba adalah My LockBox. My LockBox tidak hanya memproteksi suatu folder, tapi juga menyembunyikannya (lock and hide) sehingga data yang hendak dilindungi benar-benar aman dan tidak akan diketahui orang lain. Folder yang tersembunyi ini benar-benar tidak bisa di-unhide selain melalui My LockBox. Bahkan, meski orang lain mengaktifkan pilihan Show hidden files, folders, or drives pada Explorer, folder tetap tidak akan terlihat. Sistem berkas yang didukungnya mulai dari FAT, FAT32, NTFS, hingga exFAT. My LockBox tidak memberi batasan ukuran berkas yang bisa diproteksi. Ini berlaku pada versi Free dan Pro.  
My LockBox bisa digunakan pada semua jenis media penyimpanan. Tapi, jika Anda menggunakannya pada storage eksternal seperti flashdisk dan hard disk eksternal, berhati-hatilah. Pasalnya, jika My LockBox terhapus, Anda akan kesulitan untuk mengembalikan data yang tersembunyi meski kemudian My LockBox dipasang kembali. Perlu dicatat juga, untuk membuka  folder yang telah terproteksi, kita harus menggunakan komputer yang sama.  
Untuk mengatur konfigurasi, aplikasi ini mengharuskan kita mengakses My LockBox Control Panel. Saat mengaksesnya, dibutuhkan password agar orang lain tak bisa mengotak-atik proteksi yang telah Anda buat. Proses uninstall juga membutuhkan password sehingga data Anda akan benar-benar aman.  
Bila ingin menjajal kinerjanya, Anda dapat mengunduh My LockBox versi gratis. Kalau Anda cukup puas dan ingin menambah feature yang lebih lengkap, silakan upgrade ke versi Pro yang berbayar. Salah satu kelebihan versi Pro dibanding Free yaitu kemampuan untuk memproteksi folder dalam jumlah yang tidak terbatas, sedangkan versi Free hanya mengizinkan pengguna untuk menyembunyikan satu folder saja.
****
Perlindungan data yang aman dan terorganisasi bisa didapat melalui My LockBox. Feature proteksinya sederhana, tapi ampuh menyembunyikan folder rahasia Anda. Penggunaannya pun tidak membutuhkan konfigurasi yang rumit.

Spesifikasi
Jenis
Gratis (Free)/Berbayar (Pro US$24,95)
Ukuran berkas instalasi
3,25 MB
Situs web
Sistem operasi
Windows XP/2003/

Plus     : Ada feature Lock and Hide, semua fungsi yang hendak dilakukan terproteksi password sehingga lebih aman, mudah digunakan.
Minus : Data yang diproteksi pada media simpan eksternal hanya bisa di-unlock melalui komputer yang sama.
Sumber Infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar