Minggu, 24 Februari 2013

Review Asus SDRW-08D3S-U

Bisa Dihubungkan ke TV

Perangkat ini menawarkan tiga feature andalannya yaitu bisa dikoneksikan ke TV, perekaman data dengan password, serta kemampuan memilih dokumen yang akan direkan dengan cara mendrag and drop.

Tidak hanya memfokuskan kinerja yang optimal, Asus juga juga memperhatikan desain dan gaya pada perangkat andalannya. Itulah yang coba ditawarkan Asus SDRW-08D3S-U sebagai perangkat optik portabel berbasis DVD writer. Secara fisik, perangkat ini memang terlihat keren dan stylish. Dengan dilengkapi penyangga, Anda bisa memosisikannya secara vertikal atau horisontal.  
Spesifikasi yang ditawarkan memang bukan yang terkini, namun sudah cukup untuk menangani aktivitas membaca serta menulis data. Secara maksimal, kemampuan baca dan tulis perangkat ini mencapai kecepatan hingga 8x untuk keping DVD. Sementara untuk keping CD-R berkecepatan 24x.  
Untuk menyediakan asupan daya yang lebih besar dan stabil disertakan kabel USB yang menggunakan dua port. Hanya saja jika digunakan pada net/notebook, hal ini akan sedikit lebih menguras baterai. Oleh karena itu disarankan notebook Anda menggunakan adaptor saat menggunakan perangkat ini. Jadi tidak hanya  mengandalkan baterai saat melakukan proses burn (terutama saat merekam DVD).
Seri ini menawarkan tiga keunggulan utama yang jarang dimiliki perangkat sejenis. Yang pertama, Anda bisa menggunakannya tidak hanya pada PC/notebook saja, melainkan juga pada pesawat TV yang memiliki port USB. Nantinya DVD writer ini bisa berfungsi untuk menjalankan file gambar, musik, dan juga video. Namun dukungan codec untuk menjalankan aneka file tersebut tergantung dari pesawat TV yang digunakan, bukannya berada pada DVD writer ini.
Yang kedua, Anda bisa melakukan proses perekaman data dengan menyertakan proteksi di dalamnya. Nantinya hasil burn yang ada tidak bisa dibuka oleh orang yang tidak berhak berkat password yang disertakannya. Keunggulan terakhir adalah kemudahan proses burn data melalui proses drag and drop. Anda cukup menggeser file yang ingin direkam ke keping DVD/CD dan letakkan pada folder atau direktori yang telah disiapkan. Hanya saja kedua fungsi ini hanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi Cyberlink Power2Go yang sudah disertakan dalam paketnya.
****
Asus SDRW- 08D3S-U tidak hanya menawarkan kemampuan perangkat DVD writer biasa. Tambahan feature menarik seperti kemampuan dihubungkan ke pesawat TV menjadi nilai lebih yang membuatnya memikat. Dan menariknya, semua itu ditawarkan dengan harga yang relatif tidak jauh berbeda dengan perangkat sejenis lainnya.

HASIL PENGUJIAN
Hasil uji kecepatan tulis (Nero Express versi 10.6) :
Keping
Kecepatan
Waktu
CD-R
24x
7 menit 7 detik
DVD-R
8x
10 menit 19 detik
DVD+R DL
6x
23 menit 30 detik

Hasil uji kemampuan baca (Nero DiscSpeed 6.4) :
Keping
Average
Start
End
CD-R
18,75x
10,81x
24,86x
DVD-R
5,99x
3,23x
7,96x
DVD+R DL
6,20x
3,33x
8,29x

Spesifikasi
Interface
USB2.0
Kecepatan tulis :
-DVD-R/+R
-DVD-RW/+RW
-DVD-R/+R DL
-DVD-RAM
-CD-R
-CD-RW

Max.8x/8x
Max.6x/8x
Max.6x/6x
Max.5x
Max.24x
Max.24x
Kecepatan baca:
-DVD-ROM
-DVD-RAM
-CD-ROM

Max.8x
Max.5x
Max.24x
Buffer Size
1 MB
Sistem Operasi
Windows XP/Vista/Server 2003/Server 2008/7; Mac OS X 10.6 atau lebih tinggi
Posisi
Horisontal dan vertikal
Dimensi(plt)
15,7x1,8x14 cm
Bobot
335/365 gram (tanpa/dengan penyangga)
Garansi
1 tahun
Situs Web
Harga (kisaran)*
US$38
*Asus Indonesia; (021) 4586-5050


Buffer kecil 
Ukuran buffer sebesar satu MB terbilang kecil. Ini karena perangkat lainnya umumnya memiliki ukuran dua MB. Biasanya kelemahan ini akan diatasi dengan pembaruan firmware.


 

Proteksi data 
Menggunakan aplikasi pendukung Power2Go, Anda bisa melakukan proses burn data yang dilengkapi dengan proteksi data berupa password.

Tekan tombol
Untuk mengaktifkan AV, posisikan tray dalam keadaan terbuka dan tekan tombol eject selama satu detik sampai lampu LED menyala.


 
Plus     : Desain stylish; bisa digunakan pada pesawat TV; bisa proteksi data; burn dengan metode drag and drop; harga menarik.
Minus : Proteksi data dan drag and drop mesti menggunakan aplikasi tambahan; buffer size terlalu kecil; proses burn DVD dual layer kurang gegas.

Skor Penilaian
-
Kinerja             : 3,75
- Fasilitas           : 4,35
- Kemudahan     : 4
- Harga              : 4
- Skor toatal       : 4,1

Foto: Asus Indonesia
Sumber Infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar